Eksotisme Jawa Timur tidak berhenti di Gunung Bromo dan sekitarnya, lho. Di Banyuwangi ada satu tempat wisata menarik yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, yakni Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan danau belerang terbesar di Pulau Jawa. Yang menarik, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan kawah berwarna toska dan biru api pada tengah malam menjelang subuh. Untuk bisa mencapai puncak kawah, Anda harus mendaki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat. Meski melelahkan, seluruh penat yang terasa akan hilang seketika begitu sampai di tempat wisata nan memesona ini. Sudah siap melancong ke Jawa Timur?
Di Provinsi Kalimantan Barat ada satu tempat wisata yang keindahannya mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional. Ya, Pulau Derawan jawabannya. Pulau cantik ini sendiri menawarkan pesona laut biru dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa memesona. Begitu cantiknya, objek wisata ini sampai berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai tempat menyelam bertaraf internasional. Di sini, Anda bisa bebas bermain dengan penyu sambil berjemur di pantai pasir putihnya yang menawan. Selain menyediakan peralatan menyelam, di sini juga terdapat cottage dan restoran untuk menunjang kebutuhan liburan para wisatawan. Untuk menuju ke sini pun aksesnya sangat mudah, Anda hanya perlu menuju Tanjung Redep dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star, lalu dilanjut dengan menyewa motorboat menuju Pulau Derawan.

Pesona Kalimantan memang takkan pernah habis untuk dijelajahi. Dan salah satu tempat wisata paling terkenal di provinsi ini adalah Pantai Batu Lamampu yang terletak di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Di pulau ini terdapat sebuah hamparan pantai nan cantik. Suasananya yang tenang dan bersih serta dihiasi batu karang raksasa membuat tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata akhir pekan bersama keluarga dan orang-orang terkasih.
Berdasarkan Jumlah Orang yang Akan Ditanggung: Untuk jenis asuransi perjalanan ini ditentukan berdasarkan berapa banyak orang yang akan ditanggung dalam satu akun asuransi. Individual travel insurance tentu hanya untuk satu orang saja dalam satu akun pribadi asuransi perjalanan. Lalu ada group travel insurance yang biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk para karyawannya yang sering diberangkatkan untuk perjalanan dinas, dan bisa juga untuk sekaligus seluruh anggota keluarga ketika akan melakukan liburan bersama.
Selain kaya akan wisata sejarah, budaya, dan kuliner, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata cantik yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri, salah satunya adalah Pantai Siung di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini memiliki pesona yang sungguh memikat. Tidak hanya pasir putih dan air lautnya yang biru, suasana di pantai ini juga terbilang tenang karena belum banyak dikunjungi orang, sehingga sangat cocok buat Anda yang ingin berelaksasi menyegarkan pikiran. Sekadar saran jika ingin ke sini, pakailah kendaraan pribadi karena jalan menuju lokasi dikelilingi oleh perbukitan kapur dan ladang palawija. Meski memakan waktu 2 jam dari pusat Kota Jogja, rasa lelah akan terbayar lunas begitu Anda sampai di lokasi.

Apa sih yang pertama muncul di pikiran Anda ketika mendengar kata Lampung? Kopinya yang harum dan penangkaran gajahnya yang terkenal itu? Ya, tidak salah, Lampung memang merupakan salah satu tujuan wisata yang pas bagi Anda yang ingin melihat penangkaran mamalia bertubuh besar yang satu ini. Adalah Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung. Tempat wisata yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan ini pertama kali dibangun pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain merupakan tempat konservasi dan pelatihan gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang difungsikan sebagai tempat penangkaran badak dari kepunahan. Untuk bisa masuk ke sini, Anda hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang. Murah sekali, bukan?
Bukti Pemesanan Penginapan: Ini bisa didapatkan dari data pemesanan penginapan via online Anda. Selain bukti pemesanan penginapan, apabila selama di eropa akan menginap atau tinggal sementara di rumah saudara atau teman, wajib melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari Wali Kota setempat, surat pernyataan dari pengundang yang mana isinya berapa lama akan tinggal di rumahnya mulai dari tanggal berapa akan menginap sampai dengan tanggal berapa akan meninggalkan tempat, surat jaminan kembali ke Indonesia dan fotokopi KTP serta bukti pembayaran pajak pengundang.

Perjalanan liburan maupun bisnis seharusnya berjalan lancar mulai dari saat Anda akan berangkat hingga perjalanan tersebut berakhir. Namun pada kenyataannya, hal-hal yang tidak terduga dapat dan sering kali terjadi, dan membuat kenyamanan perjalanan Anda dapat berubah seketika. Asuransi Perjalanan menjadi salah satu persiapan penting, yang diperlukan sebelum keberangkatan Anda.


Selain Bali, provinsi lain di Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan asing adalah Nusa Tenggara Barat. Maklum saja, di sini ada banyak sekali tempat wisata alam yang tak kalah cantik dan menarik. Anda tentu pernah mendengar tentang pesona Gili Trawangan di NTB, bukan? Ya, Gili Trawangan memang memiliki pantai dengan panorama yang eksotis. Siapa pun yang berkunjung ke sini pasti akan tersihir dengan keindahan alamnya. Paduan langit biru, air laut yang jernih berkilauan terkena pantulan cahaya matahari, dan pasir putih yang halus bak permadani akan semakin menyempurnakan liburan Anda bersama orang terkasih di sini. Pantai ini juga punya pesona bawah laut yang menakjubkan, lho. Jika Anda mendambakan suasana pantai yang lebih sepi, datanglah ke pantai di sisi barat karena suasana di sini tak seramai pantai Gili Trawangan di sisi timur yang ramai oleh aktivitas warga setempat.
Setelah menentukan tanggal keberangkatan, kepulangan, serta lamanya liburan, selanjutnya kamu harus mulai menyusun target bujet yang dibutuhkan. Merinci mulai dari kebutuhan anggaran untuk beli tiket pesawat PP atau moda transportasi lain, biaya penginapan, sewa kendaraan, tiket masuk objek wisata, biaya makan selama liburan, jajan, sampai bujet untuk membeli oleh-oleh.
Di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di bagian utara Pulau Jawa, ada satu tempat wisata menarik yang banyak dirujuk wisatawan sebagai destinasi liburan akhir pekan, tidak hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara, yakni Kepulauan Karimun Jawa. Tempat wisata yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara ini merupakan titik paling pas untuk menikmati surga bawah laut dengan 90 jenis karang laut dan 240 lebih spesies ikan yang luar biasa cantik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati hutan mangrove dan melihat satwa khas di tempat wisata yang dijuluki sebagai Pulau Karibia-nya Jawa ini, seperti rusa, kera, penyu, beragam spesies burung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah menentukan tanggal keberangkatan, kepulangan, serta lamanya liburan, selanjutnya kamu harus mulai menyusun target bujet yang dibutuhkan. Merinci mulai dari kebutuhan anggaran untuk beli tiket pesawat PP atau moda transportasi lain, biaya penginapan, sewa kendaraan, tiket masuk objek wisata, biaya makan selama liburan, jajan, sampai bujet untuk membeli oleh-oleh.
Anda bisa bertemu dengan berang-berang yang lucu dan cerdas di Otter Exhibition, atau menyentuh langsung hewan-hewan bawah laut di Touch Pool. Anda juga bisa trekking di bawah laut dan bertemu stingray, atau jika Anda seorang penyelam berpengalaman, Anda juga bisa menyelam bersama ikan hiu! Jika Anda sempat, pastikan untuk menyaksikan pertunjukan teater 'Pearl of the South Sea', yang menampilkan trik ilusi dan tarian dalam air!

Di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ada satu tempat wisata yang sangat terkenal dan tak pernah sepi peminat, terutama pada akhir pekan, yakni Jembatan Barito. Dinamakan demikian karena jembatan dengan panjang 1.082 meter ini melintas di atas Sungai Barito dan menghubungkan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Jembatan ini sendiri pertama kali diresmikan pada tahun 1997 oleh Presiden Soeharto dan menjadi ikon Kota Banjarmasin. Menjelang sore, banyak wisatawan berkunjung ke sini sekadar untuk menikmati indah dan luasnya Sungai Barito. Yang menarik, di bagian bawah jembatan terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Bakut, jadi warga setempat juga sering menamakan tempat wisata ini sebagai Jembatan Bakut.
Dari Pulau Jawa, mari meloncat ke Kalimantan. Di Kalimantan Barat, tepatnya Kota Pontianak, terdapat satu tempat wisata yang sangat sering dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan, yakni Tugu Khatulistiwa. Tugu yang terletak persis di Jalan Khatulistiwa ini dibangun sebagai penanda garis lintang nol derajat bumi. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, Tugu Khatulistiwa ini menjadi lokasi diperingatinya Hari Kulminasi Matahari. Titik kulminasi merupakan titik ketika posisi matahari persis berada di atas garis khatulistiwa. Pada saat peristiwa ini berlangsung, bayangan benda akan menghilang selama beberapa detik. Peristiwa ini selalu menjadi hiburan menarik bagi warga dan wisatawan yang kebetulan berkunjung pada hari tersebut. Hal menarik lain yang bisa Anda peroleh usai mengunjungi tugu ini adalah piagam bukti perlintasan garis khatulistiwa. Dalam piagam tersebut akan tertera nama dan waktu kapan pengunjung melintasi garis khatulistiwa. Wah, unik juga, ya.
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Pantai Losari, bukan? Meskipun belum pernah menginjakkan kaki di sana, umumnya orang Indonesia tahu persis di mana pantai ini berada. Ya, di Makassar, Sulawesi Selatan. Pantai ini merupakan tempat wisata yang menjadi primadona warga sekitar dan siapa pun yang berkunjung ke Makassar. Di sini, Anda bisa duduk santai di pinggir pantai menikmati angin sepoi-sepoi ditemani camilan khas yakni pisang epe. Suasana pantai akan semakin ramai menjelang sore karena Losari adalah tempat favorit banyak orang untuk melihat matahari terbenam. Meskipun pantai, objek wisata ini tidak memiliki pasir jadi jangan harap Anda bisa membangun istana pasir di sini. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan berenang di sini karena pantai ini cukup dalam.
Terakhir Awal Mei 13 lalu ke sini sukses membuat anak saya susah diajak pulang. Playgroundnya lumayan nyaman menurut saya. Di hari weekend kala itu playgroundnya tidak terlalu penuh saat siang hari (kebetulan datang setelah jam makan siang) dan menjelang sore mulai banyak pengunjung lain yang datang. So far semua mainan sangat cocok untuk balita, relatif aman dan cukup variatif. Penyejuk ruangan di sana juga berfungsi baik sehingga walaupun lelah bermain kesana sini, anak saya tidak merasa kegerahan.
*Penafian Produk: Informasi tentang produk dan jasa yang tercantum disediakan oleh operator dan adalah benar pada saat penerbitan. Harga bersifat indikatif berdasarkan harga minimum dan maksimum produk dan jasa yang tersedia. Harap buka situs web operator untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Semua harga dinyatakan dalam dolar Australia (AUD). Tourism Australia tidak membuat pernyataan apa pun juga tentang situs web lain yang mungkin Anda akses melalui situs web ini. Beberapa situs web yang tertaut ke situs web Tourism Australia tidak tergabung dengan Tourism Australia dan tidak berada di bawah kendali Tourism Australia. Tourism Australia tidak mendukung atau menerima tanggung jawab apa pun atas penggunaan situs web yang dimiliki atau dioperasikan oleh pihak ketiga dan tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun terkait dengan standar, kelas, atau kesesuaian tujuan layanan apa pun, juga tidak mendukung atau, dalam hal apa pun, menjamin produk atau jasa apa pun berdasarkan informasi, materi, atau konten yang ditautkan dari atau ke situs ini.
Selain terkenal dengan pempek kapal selamnya yang lezat, Palembang juga memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin. Tempat wisata bersejarah ini berlokasi di dekat kawasan wisata Benteng Kuto Besak. Museum yang terdiri dari 2 lantai ini merupakan bangunan tua peninggalan Belanda. Di sini, Anda bisa menjumpai beragam koleksi benda unik dari berbagai cabang ilmu, mulai dari arkeologi, biologi, etnografi, seni rupa, keramikologi, sampai numismatika yang hingga kini masih terawat dengan baik. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa melihat-lihat koleksi uang kuno, pakaian adat, model rumah limas, kain songket, alat musik, dan lain sebagainya. Tempat wisata ini sendiri dibuka muali pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore.
×