Di Provinsi Kalimantan Barat ada satu tempat wisata yang keindahannya mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional. Ya, Pulau Derawan jawabannya. Pulau cantik ini sendiri menawarkan pesona laut biru dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa memesona. Begitu cantiknya, objek wisata ini sampai berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai tempat menyelam bertaraf internasional. Di sini, Anda bisa bebas bermain dengan penyu sambil berjemur di pantai pasir putihnya yang menawan. Selain menyediakan peralatan menyelam, di sini juga terdapat cottage dan restoran untuk menunjang kebutuhan liburan para wisatawan. Untuk menuju ke sini pun aksesnya sangat mudah, Anda hanya perlu menuju Tanjung Redep dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star, lalu dilanjut dengan menyewa motorboat menuju Pulau Derawan.
Selain Canting Mas Puncak Dipowono, masih banyak tempat wisata menarik lain di Kulon Progo yang tak kalah cantik, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut. Berlokasi di Girimulyo, Kulon Progo, Jogja, objek wisata air ini sangat cocok dikunjungi Anda yang merasa penat dengan rutinitas sehari-hari. Suara gemericik air ditambah hawa sejuk khas pegunungan dijamin akan membuat pikiran Anda segar kembali. Di sini, Anda bisa puas bermain air sampai sore tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Yang menarik dari objek wisata yang satu ini adalah warna airnya ada dua macam: biru dan putih. Ini karena warga setempat masih sangat telaten menjaga keasrian tanah kelahiran mereka. Untuk menuju ke lokasi curug (air terjun), Anda diharuskan menapaki jalur setapak selama kurang lebih 15 menit. Meskipun lelah, semua letih akan terbayar ketika telinga sudah mendengar suara gemericik air dari kejauhan. Siap liburan di Kulon Progo?

Cara apa yang lebih baik untuk menyegarkan diri di hari yang panas dibandingkan bermain air di Waterbom Jakarta? Sebagai taman air pertama di Indonesia dengan fasilitas berstandar internasional, ada banyak aktivitas outdoor yang bisa Anda pilih. Baik bersantai di atas ban di kolam renang, atau meluncur dengan kecepatan 70 km/jam di wahana Speed Slide, pasti ada aktivitas yang cocok untuk Anda. Tidak usah mengkhawatirkan kebersihan, karena sistem penjernihan air berjalan 24 jam.

Dari Pulau Jawa, mari meloncat ke Kalimantan. Di Kalimantan Barat, tepatnya Kota Pontianak, terdapat satu tempat wisata yang sangat sering dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan, yakni Tugu Khatulistiwa. Tugu yang terletak persis di Jalan Khatulistiwa ini dibangun sebagai penanda garis lintang nol derajat bumi. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, Tugu Khatulistiwa ini menjadi lokasi diperingatinya Hari Kulminasi Matahari. Titik kulminasi merupakan titik ketika posisi matahari persis berada di atas garis khatulistiwa. Pada saat peristiwa ini berlangsung, bayangan benda akan menghilang selama beberapa detik. Peristiwa ini selalu menjadi hiburan menarik bagi warga dan wisatawan yang kebetulan berkunjung pada hari tersebut. Hal menarik lain yang bisa Anda peroleh usai mengunjungi tugu ini adalah piagam bukti perlintasan garis khatulistiwa. Dalam piagam tersebut akan tertera nama dan waktu kapan pengunjung melintasi garis khatulistiwa. Wah, unik juga, ya.
Tahukah Anda bahwa melihat ikan berenang dapat menghilangkan stress? Anda dapat mencobanya sendiri di SeaWorld Ancol! Ayo belajar tentang kehidupan laut sambil bersenang-senang bersama keluarga. Berlokasi di area Taman Nasional Jaya Ancol, Anda bisa menikmati taman rekreasi indoor ini yang memiliki 24 akuarium besar yang penuh dengan beragam hewan laut, serta lorong bawah air yang seru. Jadikan liburan Anda semakin berkesan dengan pemandu profesional serta acara-acara khusus seperti memberi makan ikan hiu.
Jika semua sudah disusun dengan matang dan detail, kini saatnya mulai mengumpulkan dana khusus untuk liburan. Mulai persiapkan dari dini untuk mencegah terjadinya kebocoran pada keuangan kamu. Alokasikan 10% dari gaji kamu untuk biaya liburan akhir tahun. Tak hanya menabung, kamu bisa menyiasatinya dengan investasi berkala untuk biaya liburan. Semakin cepat memulai, maka akan semakin banyak dana yang terkumpul.
Setelah puas menjelajah tanah Sumatera, mari menyeberang ke arah selatan, yakni Pulau Jawa. Di ujung paling barat Pulau Jawa sendiri terdapat sebuah tempat wisata menarik yang tak boleh dilewatkan, yakni Pulau Peucang. Pulau in terletak persis di sebelah timur Taman Nasional Ujun Kulon dan memiliki pemandangan yang begitu memesona. Di pulau yang sudah disahkan menjadi situs warisan budaya UNESCO ini Anda bisa dengan mudah menjumpai aneka flora dan fauna khas Banten, seperti rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung, dan sebagainya. Untuk bisa menikmati pasir putih dan birunya laut Pulau Peucang, Anda perlu melalui dermaga penyeberangan yang terdapat di Kecamatan Sumur (sekitar 9 jam dari Tangerang). Namun percayalah, rasa lelah akan terbayar begitu Anda menginjakkan kaki di surga tersembunyi yang dimiliki Banten ini.
Bukti Pemesanan Penginapan: Ini bisa didapatkan dari data pemesanan penginapan via online Anda. Selain bukti pemesanan penginapan, apabila selama di eropa akan menginap atau tinggal sementara di rumah saudara atau teman, wajib melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari Wali Kota setempat, surat pernyataan dari pengundang yang mana isinya berapa lama akan tinggal di rumahnya mulai dari tanggal berapa akan menginap sampai dengan tanggal berapa akan meninggalkan tempat, surat jaminan kembali ke Indonesia dan fotokopi KTP serta bukti pembayaran pajak pengundang.

Kidzania memungkinkan anak Anda untuk bermain peran dan meniru aktivitas-aktivitas yang biasanya dilakukan oleh orang dewasa, seperti pemadam kebakaran, dokter, dan lain-lain. Seperti di dunia sebenarnya, anak-anak akan dibayar sesuai dengan pekerjaannya, dan kemudian mereka bisa menghabiskan uang yang didapat untuk belanja atau hiburan di area taman hiburan!
Pesona Kalimantan memang takkan pernah habis untuk dijelajahi. Dan salah satu tempat wisata paling terkenal di provinsi ini adalah Pantai Batu Lamampu yang terletak di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Di pulau ini terdapat sebuah hamparan pantai nan cantik. Suasananya yang tenang dan bersih serta dihiasi batu karang raksasa membuat tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata akhir pekan bersama keluarga dan orang-orang terkasih.
Indonesia memiliki banyak taman laut dengan pemandangan yang cantik-cantik, salah satunya adalah Taman Laut Bunaken yang bertempat di Provinsi Sulawesi Utara. Taman ini sendiri merupakan kawasan konservasi terumbu karang dan biota laut lain dengan luas 890,65 km yang dijadikan tempat wisata dan dibuka untuk umum. Karena terletak di segitiga terumbu karang, di sini kita akan dengan mudah menemukan 390 spesies terumbu karang dan 90 jenis ikan, reptil, mamalia, serta moluska. Semua keindahan bawah laut tersebut bisa dinikmati dengan snorkeling. Hingga hari ini, Taman Laut Bunaken masih menjadi destinasi wisata andalan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Manado. Sedikit saran jika ingin berkunjung ke sini, datanglah sekitar bulan Mei sampai Agustus karena pada bulan-bulan itu air laut sedang sangat jernih dan suhu sedang hangat-hangatnya.
Selain kaya akan wisata sejarah, budaya, dan kuliner, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata cantik yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri, salah satunya adalah Pantai Siung di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini memiliki pesona yang sungguh memikat. Tidak hanya pasir putih dan air lautnya yang biru, suasana di pantai ini juga terbilang tenang karena belum banyak dikunjungi orang, sehingga sangat cocok buat Anda yang ingin berelaksasi menyegarkan pikiran. Sekadar saran jika ingin ke sini, pakailah kendaraan pribadi karena jalan menuju lokasi dikelilingi oleh perbukitan kapur dan ladang palawija. Meski memakan waktu 2 jam dari pusat Kota Jogja, rasa lelah akan terbayar lunas begitu Anda sampai di lokasi.
Puas menjajaki NTB, sekarang penjelajahan kita lanjutkan ke NTT. Nusa Tenggara Timur juga memiliki tempat wisata dengan panorama yang tak kalah menakjubkan dibandingkan NTB, lho, salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Kelimutu. Taman ini terdiri dari bukit-bukit landai dan bergunung-gunung, dengan Gunung Kelibara setinggi 1.731 meter sebagai puncak tertingginya. Selain itu, di sini juga tedapat Gunung Kelimutu dan danau 3 warna yang terletak di puncak Gunung Kelimutu itu sendiri. Satu hal yang menarik, masyarakat sekitar menganggap bahwa perbedaan warna di setiap kubangan danau merupakan sesuatu yang keramat, maka tidak heran kalau di sini masih sering diselenggarakan upacara atau ritual khusus lengkap dengan sesajinya dalam rangka memohon keselamatan dan keberkahan.

Anda yang sudah menonton film AADC 2 tentu tidak lupa dengan salah satu spot pertemuan Rangga dan Cinta, bukan? Ya, Gereja Ayam namanya. Gereja yang pernah dijadikan tempat rehabilitasi ini memiliki desain yang unik mirip ayam, oleh karena itulah gereja ini disebut Gereja Ayam. Satu hal menarik yang bisa kita nikmati ketika berada di sini adalah menyaksikan megahnya Candi Borobudur dari kejauhan. Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga merupakan titik yang cocok untuk melihat matahari terbit ditemani kabut. Sedikit saran jika ingin melihat pemandangan matahari terbit, datanglah pada waktu subuh.
Di Provinsi Kalimantan Barat ada satu tempat wisata yang keindahannya mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional. Ya, Pulau Derawan jawabannya. Pulau cantik ini sendiri menawarkan pesona laut biru dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa memesona. Begitu cantiknya, objek wisata ini sampai berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai tempat menyelam bertaraf internasional. Di sini, Anda bisa bebas bermain dengan penyu sambil berjemur di pantai pasir putihnya yang menawan. Selain menyediakan peralatan menyelam, di sini juga terdapat cottage dan restoran untuk menunjang kebutuhan liburan para wisatawan. Untuk menuju ke sini pun aksesnya sangat mudah, Anda hanya perlu menuju Tanjung Redep dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star, lalu dilanjut dengan menyewa motorboat menuju Pulau Derawan.
Dari Jawa Barat, mari beranjak ke arah timur, tepatnya di Kota Semarang yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Semarang sendiri merupakan kota yang cukup unik karena memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, kuliner, dan sebagainya. Nah, salah satu tempat wisata bersejarah di Semarang yang cukup terkenal dan masih dikunjungi wisatawan hingga hari ini adalah kawasan Kota Lama. Pada zaman dulu, kawasan peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini merupakan pusat perdagangan dengan luas sekitar 31 hektar. Di sini, banyak bangunan kuno berarsitektur Belanda yang sarat akan nilai sejarah, di antaranya adalah Stasiun Tawang, Polder Air Tawang, Gereja Blenduk, Jembatan Mberok, serta kawasan pertokoan. Pun karena kota ini didesain mirip kota-kota di Belanda, kawasan Kota Lama Semarang dijuluki dengan The Little Netherlands.
×