Selain kaya akan wisata sejarah, budaya, dan kuliner, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata cantik yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri, salah satunya adalah Pantai Siung di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini memiliki pesona yang sungguh memikat. Tidak hanya pasir putih dan air lautnya yang biru, suasana di pantai ini juga terbilang tenang karena belum banyak dikunjungi orang, sehingga sangat cocok buat Anda yang ingin berelaksasi menyegarkan pikiran. Sekadar saran jika ingin ke sini, pakailah kendaraan pribadi karena jalan menuju lokasi dikelilingi oleh perbukitan kapur dan ladang palawija. Meski memakan waktu 2 jam dari pusat Kota Jogja, rasa lelah akan terbayar lunas begitu Anda sampai di lokasi.
Pernah mendengar legenda Nyi Roro Kidul? Ya, salah satu tempat yang sering disebut-sebut sebagai lokasi persemayaman Ratu Laut Selatan adalah Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Pelabuhan Ratu sendiri merupakan pantai paling terkenal yang ada di Sukabumi, hal ini tidak lepas dari mitos yang beredar di masyarakat tersebut. Pantai ini memiliki karakter khas pantai selatan, yakni pasir cokelat dengan ombak yang cukup tinggi serta bibir pantai yang dihiasi bebatuan besar. Di sini ada satu hotel bersejarah yang pembangunannya diinisiasi oleh Presiden Soekarno, yakni Samudera Beach Hotel.
Usahakan tidak melebihi target atau total bujet liburan yang sudah kamu tentukan. Hal ini penting supaya kamu tidak mengalami defisit keuangan pasca liburan. Tentunya pilih liburan yang sesuai dengan kemampuan bujet kamu. Jangan memaksakan untuk liburan mewah, menghabiskan dana besar, lalu setelah itu terpaksa berutang ke sana kemari demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Dari Jawa Barat, mari beranjak ke arah timur, tepatnya di Kota Semarang yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Semarang sendiri merupakan kota yang cukup unik karena memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, kuliner, dan sebagainya. Nah, salah satu tempat wisata bersejarah di Semarang yang cukup terkenal dan masih dikunjungi wisatawan hingga hari ini adalah kawasan Kota Lama. Pada zaman dulu, kawasan peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini merupakan pusat perdagangan dengan luas sekitar 31 hektar. Di sini, banyak bangunan kuno berarsitektur Belanda yang sarat akan nilai sejarah, di antaranya adalah Stasiun Tawang, Polder Air Tawang, Gereja Blenduk, Jembatan Mberok, serta kawasan pertokoan. Pun karena kota ini didesain mirip kota-kota di Belanda, kawasan Kota Lama Semarang dijuluki dengan The Little Netherlands.
Jika sudah puas menjelajah tanah Sumatera Utara, sekarang giliran Anda untuk melangkahkan kaki ke Sumatera Barat, tepatnya di Kota Bukittinggi. Ya, kota dengan relief alam berbukit-bukit ini memang memiliki banyak tempat wisata cantik yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Ngarai Sianok. Bagi yang belum tahu, Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit dengan bukit-bukit bertebing curam di sekelilingnya. Di tengah lembah ini mengalirlah sungai kecil yang membuat pemandangan semakin menakjubkan. Di sini, selain bersepeda, trekking, atau berjalan-jalan ringan, Anda juga bisa berdiam diri menikmati ketenangan yang ditawarkan Ngarai Sianok. Karena suasananya yang menenangkan itulah tempat wisata ini juga disebut Lembah Pendiam. Jika punya kesempatan menjelajah Bukittinggi, jangan lupa mampir ke sini, ya!
×