Selain Gili Trawangan, di NTB juga terdapat satu tempat wisata lain yang tak kalah popular di kalangan wisatawan, yakni Gunung Rinjani. Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya, ada ratusan ribu pendaki yang berjuang menaklukkan puncak Rinjani pada ketinggian 3.726 mdpl tersebut, terlebih pada saat menjelang 17 Agustus. Konon, Gunung Rinjani merupakan gunung dengan pemandangan terindah se-Asia. Di sini juga terdapat hamparan bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang merupakan spot menarik para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan. Nah, sebelum memutuskan untuk mendaki, buatlah persiapan sematang mungkin. Tidak hanya bekal mendaki, tapi juga mental dan stamina. Kebanyakan pendaki menyerah di tengah jalan karena tidak punya persiapan yang matang.
Anda yang sudah menonton film AADC 2 tentu tidak lupa dengan salah satu spot pertemuan Rangga dan Cinta, bukan? Ya, Gereja Ayam namanya. Gereja yang pernah dijadikan tempat rehabilitasi ini memiliki desain yang unik mirip ayam, oleh karena itulah gereja ini disebut Gereja Ayam. Satu hal menarik yang bisa kita nikmati ketika berada di sini adalah menyaksikan megahnya Candi Borobudur dari kejauhan. Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga merupakan titik yang cocok untuk melihat matahari terbit ditemani kabut. Sedikit saran jika ingin melihat pemandangan matahari terbit, datanglah pada waktu subuh.
Di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ada satu tempat wisata yang sangat terkenal dan tak pernah sepi peminat, terutama pada akhir pekan, yakni Jembatan Barito. Dinamakan demikian karena jembatan dengan panjang 1.082 meter ini melintas di atas Sungai Barito dan menghubungkan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Jembatan ini sendiri pertama kali diresmikan pada tahun 1997 oleh Presiden Soeharto dan menjadi ikon Kota Banjarmasin. Menjelang sore, banyak wisatawan berkunjung ke sini sekadar untuk menikmati indah dan luasnya Sungai Barito. Yang menarik, di bagian bawah jembatan terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Bakut, jadi warga setempat juga sering menamakan tempat wisata ini sebagai Jembatan Bakut.

Selain Taman Laut Bunaken, ada satu spot cantik untuk melihat keindahan biota laut dan terumbu karang di Indonesia, yakni di Kepulauan Halmahera. Keindahan alamnya yang masih terus terjaga hingga sekarang membuat Halmahera disebut sebagai lokasi penyelaman paling bagus yang pernah ada. Yang luar biasa, dari sekitar 450 spesies terumbu karang yang ada, 56%-nya terdapat di Halmahera. Menarik sekali, bukan? Tak heran kalau tempat wisata yang satu ini selalu menjadi jujugan bagi siapa saja yang hobi menghabiskan waktu menekuri keindahan alam bawah laut. Salah satu pulau cantik yang ada di Halmahera adalah Pulau Bobale. Pulau kecil ini dikelilingi hamparan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Meskipun ukurannya kecil, pulau yang sudah resmi dikelola oleh Dinas Pariwisata Halmahera ini masih menjadi lokasi favorit bagi banyak wisatawan untuk menyelam, snorkeling, atau sekadar menghabiskan waktu bermain pasir di bibir pantai. Khusus buat Anda yang ingin merasakan sensasi menyelam di Halmahera, datanglah pada bulan Oktober sampai Mei. Sedangkan para peselancar disarankan datang kemari pada bulan November dan Desember, ketika gelombang laut sedang berada pada titik tertingginya.


Bagi pasangan pengantin baru yang masih bingung menentukan lokasi bulan madu yang pas, cobalah datang ke Pantai Ora di Maluku. Pantai ini memiliki pemandangan yang begitu eksotis. Jernihnya air laut dan pasir putih dengan latar belakang tebung kapur yang kokoh dan megah, serta lokasi pantai yang tertutup pepohonan tropis yang rimbun akan membuat suasana bulan madu semakin romantis. Tidak hanya cantik, tempat wisata ini juga sangat tenang karena letaknya cukup terpencil dan jauh dari pusat kota. Bagi Anda yang berencana ingin menghabiskan waktu liburan di Pantai Ora, bawalah uang tunai dalam jumlah cukup karena di sekitar lokasi tidak ada ATM. Selain itu, di sini juga hanya terdapat satu restoran, oleh karena itu wisatawan disarankan untuk membawa bekal makanan atau makanan ringan sendiri.
Masih dari bumi Ngayogyakarta, di Kabupaten Kulon Progo ada sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan luar biasa cantik untuk para wisatawan, yakni Canting Mas Puncak Dipowono yang terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, satu lokasi dengan wisata alam Kalibiru yang terkenal itu. Objek wisata ini menawarkan pemandangan Waduk Sermo yang mahaluas itu. Di sini, Anda juga bisa melihat Kota Wates, Bantul, dan Jogja dari ketinggian. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kesyahduan matahari terbit dan terbenam dari Puncak Dipowono. Nah, buat Anda yang senang fotografi, tempat wisata yang satu ini sangat wajib Anda sambangi.
Jawa Timur memiliki satu pesona wisata yang kecantikannya tak terbantahkan, bahkan oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Ya, apa lagi kalau bukan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Tempat wisata berupa taman nasional yang terletak di 4 kabupaten di Jawa Timur ini sendiri memiliki banyak objek menarik yang tidak boleh dilewatkan, mulai dari Gunung Bromo dan semeru, lautan pasir, Pantai Berbisik, Air Terjun Madakaripura, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan lain-lain yang semuanya cantik. Akses menuju TNBTS ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti rute menuju Gunung Bromo. Meskipun jalannya cukup ekstrem, semua akan terbayar tuntas jika Anda sudah sampai di lokasi.

Anda yang sudah menonton film AADC 2 tentu tidak lupa dengan salah satu spot pertemuan Rangga dan Cinta, bukan? Ya, Gereja Ayam namanya. Gereja yang pernah dijadikan tempat rehabilitasi ini memiliki desain yang unik mirip ayam, oleh karena itulah gereja ini disebut Gereja Ayam. Satu hal menarik yang bisa kita nikmati ketika berada di sini adalah menyaksikan megahnya Candi Borobudur dari kejauhan. Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga merupakan titik yang cocok untuk melihat matahari terbit ditemani kabut. Sedikit saran jika ingin melihat pemandangan matahari terbit, datanglah pada waktu subuh.
Bali dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura karena di sini terdapat banyak sekali pura sebagai tempat pemujaan kepada dewa-dewa, salah satunya adalah Pura Luhur Uluwatu yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Pura ini sendiri terletak di atas batu karang yang terjal dengan ketinggian sekitar 97 meter dari permukaan laut. Dari atas tebing, wisatawan bisa menyaksikan kemegahan Samudera Hindia yang biru sejauh mata memandang. Tidak hanya itu, letak pura yang berada di ujung barat daya Pulau Bali membuat tempat wisata ini digadang-gadang wisatawan sebagai lokasi paling baik di antero Bali untuk melihat matahari terbenam. Pura Watu juga dikenal sebagai lokasi terbaik untuk melihat pertunjukan Tari Kecak yang biasanya dimulai pukul 18.15 persis ketika matahari mulai kembali ke peraduannya.
Cara apa yang lebih baik untuk menyegarkan diri di hari yang panas dibandingkan bermain air di Waterbom Jakarta? Sebagai taman air pertama di Indonesia dengan fasilitas berstandar internasional, ada banyak aktivitas outdoor yang bisa Anda pilih. Baik bersantai di atas ban di kolam renang, atau meluncur dengan kecepatan 70 km/jam di wahana Speed Slide, pasti ada aktivitas yang cocok untuk Anda. Tidak usah mengkhawatirkan kebersihan, karena sistem penjernihan air berjalan 24 jam.
Eksotisme Jawa Timur tidak berhenti di Gunung Bromo dan sekitarnya, lho. Di Banyuwangi ada satu tempat wisata menarik yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, yakni Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan danau belerang terbesar di Pulau Jawa. Yang menarik, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan kawah berwarna toska dan biru api pada tengah malam menjelang subuh. Untuk bisa mencapai puncak kawah, Anda harus mendaki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat. Meski melelahkan, seluruh penat yang terasa akan hilang seketika begitu sampai di tempat wisata nan memesona ini. Sudah siap melancong ke Jawa Timur?
Terakhir Awal Mei 13 lalu ke sini sukses membuat anak saya susah diajak pulang. Playgroundnya lumayan nyaman menurut saya. Di hari weekend kala itu playgroundnya tidak terlalu penuh saat siang hari (kebetulan datang setelah jam makan siang) dan menjelang sore mulai banyak pengunjung lain yang datang. So far semua mainan sangat cocok untuk balita, relatif aman dan cukup variatif. Penyejuk ruangan di sana juga berfungsi baik sehingga walaupun lelah bermain kesana sini, anak saya tidak merasa kegerahan.
Pahami Waktu Perlindungan Asuransi Perjalanan Anda: Idealnya Anda harus memilih asuransi perjalanan sesuai dengan lamanya waktu melakukan perjalanan mengingat Asuransi perjalanan biasanya hanya akan menanggung risiko saat melakukan perjalanan. Jangan sampai Anda rugi kelebihan membayar premi akibat sudah pulang perjalanan tapi premi yang Anda bayarkan ternyata untuk masa asuransi melebihi masa perjalanan.
Indonesia memiliki banyak taman laut dengan pemandangan yang cantik-cantik, salah satunya adalah Taman Laut Bunaken yang bertempat di Provinsi Sulawesi Utara. Taman ini sendiri merupakan kawasan konservasi terumbu karang dan biota laut lain dengan luas 890,65 km yang dijadikan tempat wisata dan dibuka untuk umum. Karena terletak di segitiga terumbu karang, di sini kita akan dengan mudah menemukan 390 spesies terumbu karang dan 90 jenis ikan, reptil, mamalia, serta moluska. Semua keindahan bawah laut tersebut bisa dinikmati dengan snorkeling. Hingga hari ini, Taman Laut Bunaken masih menjadi destinasi wisata andalan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Manado. Sedikit saran jika ingin berkunjung ke sini, datanglah sekitar bulan Mei sampai Agustus karena pada bulan-bulan itu air laut sedang sangat jernih dan suhu sedang hangat-hangatnya.
Dengan memiliki visa schegen Anda tetap bisa melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa meskipun paspor Anda masih kosong tanpa ada history melakukan perjalanan keluar negeri sebelumnya. Asuransi Perjalanan untuk visa schengen wajib dimiliki untuk para pemilik visa schengen. Asuransi perjalanan visa schengen ini bisa melindungi Anda dari berbagai risiko perjalanan seperti biaya medis, kehilangan barang, keterlambatan penerbangan sampai ke isu teror dan kejahatan di negara yang dikunjungi.
Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Konon, tempat wisata ini merupakan lokasi penyelaman bawah laut terbaik di dunia karena keberagaman fauna dan flora bawah air yang dimilikinya. Menurut peneliti, 75% dari total terumbu karang di seluruh dunia terdapat di Raja Ampat. Tidak heran kalau banyak pelancong asing yang tergila-gila dengan keindahan wisata Raja Ampat. Jika berkunjung ke sini, cobalah menginap di kapal pinisi yang terdapat di lokasi. Meskipun harganya cukup mahal (Rp100 juta untuk 14 orang selama seminggu), Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata yang tak terlupakan. Akses menuju Raja Ampat cukup mudah, dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum menuju Pelabuhan Sorong. Jangan lupa, di sini Anda harus mendaftarkan diri untuk bisa masuk kawasan wisata Raja Ampat. Dari Pelabuhan Sorong, Anda bisa menaiki kapal rakyat menuju ibu kota Raja Ampat dan mencari penginapan murah di sana. Nah, untuk menuju lokasi penyelaman, Anda bisa menyewa speedboat yang disediakan di sekitar lokasi.
Selanjutnya adalah hamil dan keguguran. Meskipun Anda mengalami keguguran di Negara tujuan, Anda tetap tidak akan mendapat klaim asuransi karena dari awal melakukan perjalanan jauh saat sedang hamil memang sudah merupakan risiko besar. Pelajari dulu syarat-syarat dalam asuransi perjalanan agar Anda tetap terlindungi selama perjalanan ke luar negeri.
Jika kebetulan Anda sedang berada di Bengkulu dan menyenangi tempat wisata bernuansa sejarah, cobalah berkunjung ke Benteng Fort Marlborough, yang terletak di Teluk Segara, Kebun Keling, Bengkulu. Sedikit informasi, bangunan ini merupakan benteng peninggalan Inggris dan dibangun oleh EIC (East India Company) pada tahun 1713. Tujuan awal pembangunan benteng ini adalah sebagai titik pertahanan Inggris dari serangan musuh. Menurut cerita, Benteng Fort Marlborough merupakan benteng terkuat kedua di wilayah Timur yang pernah dibangun Inggris. Setelah berpindah tangan dari pemerintah Inggris ke Belanda, Belanda ke Jepang, Jepang ke Indonesia, sampai kembali diduduki oleh Belanda, benteng ini pun akhirnya resmi dikelola oleh Depdikbud setempat untuk dipugar dan dijadikan sebagai cagar budaya. Jika berniat ke sini, datanglah antara pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore, sebab tempat wisata ini hanya dibuka untuk umum pada jam-jam tersebut.
×